Tips Mudah Menghafal Pelajaran


29 July 2013

Sebagian dari kita mungkin punya masalah dalam mengingat. Ada dua hal yang perlu diperhatikan, pertama apakah hal tersebut belum pernah terekam dalam ingatan kita atau hal tersebut sudah pernah terekam namun kita tidak bisa mengumpulkannya kembali dalam pikiran kita menjadi sebuah ingatan.

Mengingat pelajaran sekolah adalah salah satu hal yang sangat penting agar pada saat ada ujian/ulangan kita akan lebih mudah menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Salah satu langkah jitu untuk tetap mengingat berbagai pelajaran yang dipelajari sehari-hari disekolah adalah dengan cara menghafalnya. Dalam hal ini agar pelajaran mudah diingat, maka ada tips cerdas menghafal pelajaran yang mungkin bisa dilakukan:

1. Membuat Kesan

Kesan merupakan salah satu hal yang akan tetap lama di ingat oleh seseorang. Dengan demikian maka membuat kesan pada setiap pelajaran yang dipelajari di sekolah harus senantiasa kamu ciptakan. Dalam hal ini kita harus membuat kesan objek pada sebuah pelajaran yang akan di ingat secara imajinatif dan bila perlu berlebihan.

2. Memainkan Emosi

Dalam memainkan emosi berkaitan juga dengan membuat kesan, yaitu membuat kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan, dan kesedihan yang akan mudah untuk tetap diingat. Dengan membuat sebuah kesan dari perasaan hangat, maka perasaan tersebut akan membuat jantung kamu berdegup dengan kencang dan memancarkan kebahagiaan yang akan dapat membantu memori ingatan.

3. Memperhatikan Kata Penting

Hal yang penting untuk dibaca dibuat dengan hal yang menjadi spesial, seperti judul, sub judul, kata bercetak tebal, bergaris miring dan buatkanlah peta pikiran.

4. Membaca Bagian yang Menarik

Kamu juga dapat membaca bagian yang menurut kamu paling menarik atau sangat perlu untuk tetap diingat. Renungkanlah kembali apa yang telah kamu baca. Hal ini senantiasa diulang-ulang, serta upayakan untuk membuat peta pikiran.

5. Repetisi

Dalam hal ini usahakan selalu agar tetap berkosentrasi penuh pada setiap materi yang sedang kamu pelajari. Materi yang dipelajari tersebut agar senantiasa pula diulang dengan cara yang berbeda dan kreatif, seperti halnya mengucapkannya dengan keras-keras dan lebih baik dibuat peta pikiran.

6. Memahami Isi

Upayakan agar kamu dapat memahami isi dari setiap tulisan yang kamu baca. Dalam hal ini kamu dapat merenungkan kembali apa yang telah kamu peroleh dari sebuah tulisan yang sudah dibaca secara umum dan menyeluruh. Bila ada pertanyaan muncul dalam setiap tulisan yang sedang dibaca, maka upayakanlah untuk menjadi pertanyaan tersebut sedetail mungkin.

7. Baca Ulang

Upayakan agar kamu senantiasa memiliki waktu untuk mengulangi membaca kata-kata penting pada suatu kalimat, khususnya pada kalimat pertama pada setiap paragraf. Hal ini dilakukan karena pada umumnya ide utama setiap tulisan berada pada kalimat utama setiap paragraf.


Menghafal memang termasuk aktivitas yang cukup sulit, namun sebenarnya hambatan terbesar dalam menghafal adalah karena kita sering menganggap menghafal itu sulit dan takut hafalan tersebut akan lupa. Hal yang mudah sekalipun akan terasa susah bila kita selalu menganggap itu sebagai sebuah kesulitan. Padahal hanya dengan kemauan yang kuat dan tekad keras, hambatan sebesar apapun akan bisa dihadapi dan impian setinggi langit dapat dicapai. Itulah berbagai tips untuk menghafal pelajaran yang bisa di terapkan. Semoga bermanfaat.

 

sumber: www.kesekolah.com


Other Article
  1. Jadilah Sang Penyelamat Lingkungan - 14 April 2014 / Bumi Serpong Damai
  2. Benefits of Recycling - 10 April 2014 / Pantai Indah Kapuk
  3. Why Should I Save Mother Earth? - 07 April 2014 / Gading Serpong
  4. 11 Cara Ajarkan Anak Berbagi - 27 March 2014 / Bumi Serpong Damai
  5. 12 Motivasi Pembangun Semangat Memberi - 24 March 2014 / Jambi

comments powered by Disqus