Education

SMIE is contributing to nation’s education by preparing qualified young generations. Educare in Caritatem, which have meaning of Educating with Love, is a motto which held firmly by Stella Maris in its roles of education to people based on Christian value

Menjadi Guru Adalah Pekerjaan Yang Membahagiakan?


07 Feb 2019

Gallup Poll atau Jajak pendapat Gallup merupakan suatu jajak pendapat yang dilakukan oleh the Gallup Ogranization yang digunakan oleh media massa dalam menggambarkan opini publik yang berasal dari Amerika.  The Gallup Organization mengukur dan meneliti sikap publik terhadap permasalah politik, sosial dan ekonomi termasuk juga atas hal-hal yang kontroversial; yang melakukan kerjasama secara khusus dengan berbagai media, organisasi dan terkadang pula dengan asosiasi global dan lembaga pendidikan, namun jajak pendapat yang dilakukannya memiliki reputasi sebagai suatu jajak pendapat yang dilakukan secara independen dan objektif. Dan berdasarkan survey yang dilakukan oleh The Gallup Organization yang bekerjasama dengan The Guardian serta penelitian terpisah Careerbliss yang dikutip dari Therichest, profesi sebagai guru PAUD (Pendidik Anak Usia Dini) menempati posisi teratas dari 10 profesi yang paling membuat bahagia di dunia ini. Ingin tahu mengapa??

Menjadi guru adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia dan dapat menjadi pekerjaan yang paling memuaskan hati seperti dilansir dari Divine Caroline, berikut adalah alasan mengapa guru adalah profesi yang paling menyenangkan:

  1. Membangkitkan semangat belajar dalam diri: Menjadi guru menuntut Anda untuk menguasai bidang yang Anda bawakan. Ini tentunya membuat Anda untuk dapat terus belajar dan mengasah diri untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak didik.
  2. Pekerjaan yang tidak monoton: Dibanding dengan pegawai kantoran, guru memiliki pekerjaan yang lebih dinamis dan beragam. Setiap harinya Anda akan memiliki pengalaman aktivitas yang berbeda-beda seperti tingkah polah anak didik, subjek mata pelajaran yang beragam hingga aktivitas dalam kelas yang bervariasi.
  3. Membentuk generasi masa depan: Guru adalah sosok yang digugu dan ditiru. Dan guru adalah orang terdekat kedua setelah keluarga bagi anak-anak. Anak-anak didik akan mencontoh perilaku dari orang-orang di sekeliling mereka, salah satunya adalah guru mereka. Secara tidak langsung guru merupakan sosok yang berpengaruh dalam membentuk perilaku dari generasi mendatang.
  4. Pemegang keputusan tertinggi: Ketika pelajaran sudah dimulai, guru adalah bos di ruang kelas. Guru yang menjadi pemegang keputusan tertinggi akan segala aktivitas yang akan terjadi pada hari itu di kelas tersebut.
  5. Penyemangat hati: Bekerja bersama anak-anak adalah hal yang sangat menyenangkan, karena setiap harinya mereka mempunyai tingkah polah yang sangat unik, lucu dan polos sehingga membuat suasana hati selalu bersemangat dan bersukacita.

Dikutip dari: http://anggunpaud.kemdikbud.go.id