Education

SMIE is contributing to nation’s education by preparing qualified young generations. Educare in Caritatem, which have meaning of Educating with Love, is a motto which held firmly by Stella Maris in its roles of education to people based on Christian value

Tingkatkan Mutu Pendidikan


13 Nov 2017

Perkembangan zaman terus memunculkan persoalan yang baru membuat pendidikan menjadi hal yang perlu difokuskan. Pendidikan memiliki tugas didalam menyiapkan pembangunan yang lebih baik bagi generasi penerus bangsa. Karena itu lah seiring dengan perkembangan zaman, kualitas pendidikan pun juga harus berkembang dan semakin maju. Untuk meningkatkan mutu pendidikan terkhususnya di Indonesia, ada 4 manajemen mutu yang dapat dilakukan.

  1. Rencanakan aktivitas dengan target terukur: pakai prinsip SMART untuk menentukan target, yaitu
    1. a. Spesific (spesifik): menentukan target harus spesifik dan jelas.
    2. b. Measurable (bisa diukur): menentukan target harus bisa diukur.
    3. c. Action (oriented): menentukan target yang fokus pada tindakan yang dapat dilakukan untuk mencapai target tersebut.
    4. d. Realistic (realistis): Apakah target kita cukup realisitas dan bisa dicapai?
    5. e. Time & resources constrained: menentukan target harus ada batasan waktunya. Kapan ingin mencapai target tersebut? Apa memiliki sumber daya atau kemampuan yang memadai?
  2. Kerjakan aktivitas sesuai dengan prosedur yang efektif dan efisien: Dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran harus sesuai dengan aturan yang efektif dan memperhatikan efisiensi dengan begitu segala kegiatan dapat terarah.
  3. Kontrol kinerja dengan data dan fakta: Segala kinerja atau aktivitas pembelajaran dilakukan dengan data dan fakta. Tulislah apa yang akan dikerjakan dan kerjakan apa yang sudah tertulis. Kontrol dokumen dari setiap aktivitas yang berjalan.
  4. Lakukan tindakan perbaikan: Upayakan untuk selalu melakukan tindakan perbaikan secara berkelanjutan untuk memberikan kepuasan bagi siswa maupun orang tua murid). Terbuka pada semua masukan yang datang.