Entrepreneurship

Stella Maris embeds the entrepreneurial spirit that develops the ability to interpret ideas into action and to build the entrepreneur characters in order to achieve goal to develop better education in Indonesia

10 Hal Ini Harus Anda Miliki Sebelum Memulai Bisnis!


11 Apr 2018

Sebelum memutuskan untuk memiliki sebuah usaha, atau berwirausaha dibutuhkan banyak modal dan persiapan. Modal dan persiapannya bukan hanya sekedar materia saja, namun mencakup banyak aspek dalam bisnis mulai dari anggaran biaya, perencanaan, hingga mental. Jika Anda ingin memulai sebuah usaha sendiri, ada hal-hal penting yang wajib Anda ketahui dan miliki!

  1. Pastikan memiliki anggaran modal usaha yang jelas dan sesuai kenyataan. Sebelum menentukan membangun suatu bisnis, Anda perlu tahu perkiraan modal usaha yang dibutuhkan untuk memulainya. Memulai sebuah usaha dengan modal yang tidak diperhitungkan secara rinci akan membuat Anda kesulitan di kemudian hari. Jika memang anggaran dana itu belum mencukupi, lebih baik untuk menunda dulu hingga semua dana memadai untuk memulai bisnis.
  2. Buatlah 2 rekening: rekening pribadi untuk keperluan personal dan rekening untuk dana menjalankan usaha. Di masa awal merintis sebuah usaha, penghasilan Anda tidak akan stabil. Inilah pentingnya Anda harus memiliki tabungan yang memisahkan antara tabungan pribadi dan keperluan menjalankan bisnis. Dan Anda pun perlu menerapkan budaya hemat, jauhkan diri dari gaya hidup boros.
  3. Miliki ide dan konsep bisnis yang realistis untuk dijalankan. Berbeda dengan kehidupan sebagai karyawan di sebuah perusahaan yang selalu memiliki rutinitas setiap harinya yang sudah jelas, menjadi pengusaha Anda sendiri yang harus mengambil keputusan dan menciptakan rutinitas itu sendiri. Ide dan konsep bisnis yang matang dan jelas adalah kompas yang bisa memandu Anda agar tidak hilang arah. Lakukanlah observasi terlebih dahulu, cari hal-hal yang membuat ide atau konsep usaha Anda lebih menarik daripada yang sudah ada atau dimiliki orang lain. Pastikan ide itu akan menguntungkan Anda. Lakukan juga analisa jika ide usaha Anda ini mempunyai peluang bagus dan diminati banyak orang. Jangan ragu atau terlalu memaksakan ide Anda jika ide Anda ternyata tidak begitu menarik, cobalah membuka pikiran.
  4. Miliki strategi promosi untuk produk bisnis Anda agar bisa sampai ke konsumen dengan baik. Ketika Anda membangun sebuah bisnis, sadarilah bahwa produk tersebut belum banyak dikenal orang. Pikirkan dengan matang strategi apa yang baik untuk dilakukan dalam memasarkan produkmu. Sesuaikan strategi pemasaran tersebut dengan segmen dan target pasar Anda. Karena strategi pemasaran dan promosi adalah sebuah ujung tombak bagi bisnis Anda, sebagai penentu apakah bisnis yang Anda lakukan berhasil atau tidak.
  5. Ketahuilah bahwa Anda bukan Galileo, yang serba tahu. Teruslah belajar dari pengalaman banyak orang demi mengembangkan bisnis Anda. Kunci suskes dari seorang entrepreneur adalah selalu mau belajar dan berkembang. Disamping Anda memiliki modal, memiliki skill dan pengalaman adalah hal yang bisa menentukan apakah ide bisnis Anda bisa berjalan dengan baik. Pengetahuan Anda tentang seputar bisnis yang Anda geluti membantu Anda dalam menentukan ide dan strategi bisnis untuk mengembangkan usaha. Sedangkan skill membantu Anda agar tidak terlalu bergantung kepada karyawan. Perbanyak pengetahuan Anda dengan berbagai cara bisa melalui buku, seminar, sharing dengan orang-orang yang sudah sukses di bidang masing-masing, dan sebagainya.
  6. Miliki website/social media selain kantor fisik, sebagai kantor visual Anda. Website atau social media adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan, baik skala besar maupun kecil karena dapat merepresentasikan usaha Anda. Orang pun akan lebih percaya jika Anda bergabung di social media (terutama website) dan mempermudah Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen yang wilayahnya jauh dari jangkauan lokasi usaha Anda.
  7.  Mentor sangatlah penting sebagai tempat Anda berbagi saran dan pengalaman bisnis. Carilah orang yang sudah banyak pengalaman dalam hal berbisnis, jadikan ia sebagai mentor Anda ketika Anda menjalankan bisnis Anda. Saran dan pengalamannya dapat membantu Anda saat Anda ingin mengembangkan bisnis yang baru Anda luncurkan. Mentor bisa jadi siapa saja, bisa saudara Anda atau teman dekat Anda. Dan ikutlah dalam komunitas atau forum tertentu untuk memperluas jaringan Anda.
  8. Nama adalah doa. Pastikan nama dari usaha Anda memiliki atau mewakili citra yang ingin Anda kenalkan. Terkadang ada beberapa orang yang menyepelekan soal penamaan usaha / bisnis. Temukan nama yang bagus, simpel damn menarik yang mewakili produk perusahaan Anda. Periksalah di internet jika nama yang sudah Anda rencanakan sudah ada yang memiliki atau belum? Nama perusahaan Anda nanti dapat menjadi nama domain website yang Anda buat.
  9. Miliki rekan tim yang solid. Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya Anda tidak akan bisa menjalankannya sendiri. Anda memerlukan partner atau tim kerja untuk membantu Anda. Rekrutlah orang-orang yang berkompeten pada bidang-bidang yang diperlukan dalam bisnis Anda. Dan pastikan bahwa orang-orang tersebut pun juga solid dan bisa diajak untuk berbagi. Anda tidak akan bisa mengembangkan bisnis Anda jika tidak memiliki tim yang solid untuk membantu mencapai tujuan.
  10. Mental kuat dan pantang menyerah, modal utama menjalankan bisnis. Segala hal yang sudah disebutkan di poin-poin sebelumnya tidaklah berguna, jika Anda tidak memiliki mental yang cukup kuat untuk menjadi seorang entrepreneur. Anda harus siap dengan segala perubahan dan persaingan bisnis yang ada. Persaingan bisnis itu ketat, baik persaingan sehat maupun tidak sehat yang dilakukan oleh competitor Anda. Memiliki mental kuat membantu Anda untuk menghadapi saat Anda jatuh bangun dan melakukan banyak pengorbanan lainnya.

 Demikianlah segala persiapan yang harus Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda. Siapkan dengan matang dan jangan tergesa-gesa. Pelajari semuanya dengan seksama dan teliti. Semoga keberhasilan selalu beserta Anda!

Disadur dari berbagai sumber