Entrepreneurship

Stella Maris embeds the entrepreneurial spirit that develops the ability to interpret ideas into action and to build the entrepreneur characters in order to achieve goal to develop better education in Indonesia

10 Langkah Membuat Start Up Business Mulai Dari NOL Hingga SUKSES!


24 Aug 2017

Membuat startup bisnis yang sukses akan berpotensi memberikan massive income untuk Anda, membantu orang lain yang tak memiliki pekerjaan, serta memberikan manfaat/solusi bagi konsumen. Idenya pun sebetulnya dapat dibilang sederhana, yang penting merupakan inovasi dan berguna untuk masyarakat banyak. Contohnya banyak sekali ide bisnis startup yang banyak berkembang dengan basis online.

Dalam membangun startup bisnis tentunya Anda perlu menyiapkan diri baik dari segi mental, modal, waktu, maupun skill/keahlian sehingga Anda dapat mengelola semua proses startup bisnis yang akan Anda bangun. Bila Anda hanya ingin mendapatkan hasil tanpa harus terlibat dalam proses maka artinya Anda adalah berinvestasi dan bukan berbisnis.

 

Membuat Startup Bisnis Langkah Demi Langkah:

  1. Niat Yang Kuat: Mustahil segala sesuatu terjadi tanpa adanya kemauan atau niat. Apalagi dalam sebuah startup, Anda harus siap dengan segala tantangan yang terjadi dalam proses pengembangan bisnis ini. Untuk itu diperlukan niat yang kuat yang harus ditanamkan dalam jiwa.
  2. Tujuan Yang Jelas: Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan ini tidak hanya sekedar tujuan untuk menghasilkan uang berlimpah, namun sebuah tujuan yang akan menjadi target Anda. Ketika rintangan datang, ingatlah selalu tujuan dari bisnis yang Anda bangun dan mau dibawa kemana bisnis ini. Sehingga tujuan ini akan menjadi penuntun langkah Anda dalam membuat startup.
  3. Tetapkan Ide Bisnis: Begitu banyak orang yang mau membangun bisnis, tapi selalu bingung bisnis apa yang mau dibuat. Caranya untuk mendapatkan ide bisnis yang tepat adalah dengan memikirkan masalah yang terjadi di tengah masyarakat, dari situ biasanya akan timbul sebuah pemikiran / ide bisnis. Namun, langkah yang termudah adalah menciptakan ide bisnis dari minat/passion Anda dan apa yang berguna bagi masyarakat dengan minat Anda tersebut.
  4. Business Plan: Setelah mendapatkan ide bisnis dan menetapkan tujuan dari bisnis Anda, saatnya untuk menuangkannya ke dalam rencana bisnis yang terdiri dari beberapa tahapan untuk dikerjakan hingga jangka waktu kedepan. Jika tujuan bisnis adalah seperti membangun visi, maka rencana bisnis adalah membangun misi dalam menjalankan bisnis Anda.
  5. Bangun Tim Yang Solid: Membangun startup bisnis, pastinya Anda tidak bisa mengerjakan segala hal sendiri. Anda perlu teman-teman yang menjadi sebuah tim yang solid untuk mau bersama-sama menciptakan suatu yang kreatif dan strategi-strategi pengembangan bisnis. Yang pastinya, cari tim yang memang memiliki visi, misi bahkan passion di bidang yang sama.
  6. Lakukan Tes Pasar: Ini penting sekali dilakukan untuk mengetahui apakah startup bisnis yang Anda bangun akan diminati atau tidak, sejauh mana produk/jasa Anda dibutuhkan oleh konsumen.
  7. Online kan Bisnis Anda: Jaman yang serba online sekarang ini perlu dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Pasarkan produk/jasa Anda di media sosial untuk semakin dikenal masyarakat luas. Buatlah promo-promo menarik.
  8. Manfaat Orang Terdekat: Manfaatkan orang-orang terdekat Anda. Mereka dapat menjadi tempat promo tak berbayar. Apalagi jika bisnis Anda menarik dan bermanfaat, pastinya mereka akan dengan senang hati menyebarluaskannya.
  9. Selalu Konsisten: Memulai sebuah bisnis startup memerlukan persiapan yang matang dan progress yang cepat. Jika bisnis Anda tidak berkembang dalam kurun waktu 6 bulan, sebaiknya Anda perlu mengkaji ulang bagian mana yang perlu diperhatikan khusus dan ditingkatkan. Jika semua berjalan dengan baik, pertahankan dulu sampai bisnis Anda benar-benar stabil. Tetap konsisten dengan apa yang sudah Anda mulai!
  10. Perluas Bisnis Anda: Jika dalam kurun waktu 6 bulan bahkan lebih, bisnis Anda terlihat berjalan baik maka sudah saatnya Anda mulai berpikir untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda dapat menambahkan modal atau bahkan mencari investor untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi semakin besar.

Itulah 10 langkah demi langkah yang dapat Anda lakukan untuk membangun sebuah startup untuk berjalan dengan baik dan sukses. Tunggu apa lagi? Untuk mewujudkan mimpi Anda, dibutuhkan tindakan nyata. Take Action Now!