Entrepreneurship

Stella Maris embeds the entrepreneurial spirit that develops the ability to interpret ideas into action and to build the entrepreneur characters in order to achieve goal to develop better education in Indonesia

Bagaimana Langkah Membentuk Citra Diri Dalam Berkarier?


08 Jun 2017

Setiap orang memiliki ciri khas yang melekat pada diri. Itu yang disebut dengan citra diri. Citra diri sangat penting bagi setiap orang terutama bagi mereka yang sedang merintis kariernya di bidang apapun. Tanpa citra diri, orang lain tak akan mengenal kita dengan mudah. Lalu bagaimana cara membangunnya? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kenali kepribadianmu: Untuk membantu mengenali kepribadian Anda sendiri, tulislah beberapa sifat yang dideskripsikan orang sekitar Anda tentang Anda. Dari daftar tersebut, pilihlah yang menurut Anda paling kuat untuk Anda jadikan sebagai citra diri yang mendukung kesuksesan.
  2. Promosikan diri: Sama seperti sebuah brand, tidak akan ada artinya jika tidak dipasarkan dan diketahui masyarakat banyak. Citra diri pun sama, Anda harus mempromosikan identitas yang Anda ingin dikenalkan pada semua orang mengenai Anda.
  3. Menjadi beda dengan orang lain: Anda harus memiliki nilai yang berbeda dengan orang lain yang nantinya akan menjadi kelebihan Anda. Yang akhirnya ini menjadi citra diri yang dapat diingat orang lain.
  4. Bangun jaringan: Membangun sebuah jaringan menjadi salah satu target utama ketika Anda menentukan citra diri seperti apa yang ingin Anda bangun. Semakin banyak orang yang kamu kenal maka semakin banyak orang yang mengetahui citra Anda.
  5. Berinovasi selalu: Temukan hal-hal baru yang dapat membangun citra diri Anda lebih positif lagi. Sama halnya seperti menciptakan suatu produk, diperlukan sentuhan inovasi agar konsumen tidak cepat bosan. Citra diri pun harus selalu ditingkatkan agar orang lain selalu tertarik untuk bekerjasama dengan Anda.

Demikian 5 langkah membangun citra diri. Sudah siapkah Anda membangun citra diri?