Entrepreneurship

Stella Maris embeds the entrepreneurial spirit that develops the ability to interpret ideas into action and to build the entrepreneur characters in order to achieve goal to develop better education in Indonesia

Tahukah Anda Perbedaan Owner, Founder, CEO? Pemimpin Yang Berbeda Tugas


07 Dec 2018

 Setiap perusahaan pastinya memiliki struktur organisasi yang mendefinisikan peran dan tanggungjawab setiap individu di dalamnya. Itupun termasuk beberapa jabatan eksekutif mulai dari CEO, COO dan C-level lainnya. Mereka adalah pemimpin di dalam perusahaan tersebut, namun memiliki tugas tanggung jawab yang berbeda. Sama halnya dengan Founder dan Owner. Apakah Anda tahu perbedaan Owner, Founder dan CEO? Mari kita lihat sama-sama!

  1. Founder: Orang pertama yang mendirikan atau pencetus ide sebuah usaha. Jika penemu usaha tersebut lebih dari seorang, maka akan disebut sebagai co-founderCo-founder adalah rekan yang bekerjasama dalam mendirikan atau mencetuskan sebuah ide usaha. Misalnya saja Mark Zuckerberg yang dikenal sebagai founderFacebook, ia memiliki 5 temannya sebagai co-founder.
  2. Owner: Pemilik usaha atau orang yang berinvestasi pada perusahaan tersebut. Owner bisa merupakan milik perorangan atau kelompok. Jika seorang founder juga memiliki saham di perusahaan tersebut, maka ia pun juga disebut sebagai owner. Meskipun sewaktu-waktu founder menjual saham bagiannya, ia akan keluar sebagai owner namun tetap menjadi seorang founder sampai kapanpun.
  3. CEO (Chief Executive Office): CEO sering dikenal dengan sebutan lain yaitu direktur. CEO diangkat oleh dewan komisaris atau sekelompok orang yang ditunjuk untuk mengawasi kegiatan suatu perusahaan; yang mampu membuat keputusan dengan cepat dan tepat, meminimalisir risiko bisnis dan meningkatkan profit perusahaan. CEO akan dibantu oleh C-levels lainnya seperti COO (Chief Operating Officer), CMO (Chief Marketing Officer), CTO (Chief Technology Officer), dan CFO (Chief Financial Officer). CEO adalah posisi tertinggi di sebuah perusahaan.

Masih banyak jabatan-jabatan lainnya dalam setiap perusahaan, dan satu dengan yang lainnya bisa berbeda arti tergantung dari tipe dan bisnis proses sebuah perusahaan. Namun Anda pun dapat mengerti dengan jelas apa yang membedakan antara Founder, Owner dan CEO dalam sebuah perusahaan.