Entrepreneurship

Stella Maris embeds the entrepreneurial spirit that develops the ability to interpret ideas into action and to build the entrepreneur characters in order to achieve goal to develop better education in Indonesia

Trik Hilangkan Rasa Gugup Berbicara Di Depan Publik


21 Mar 2018

Berbicara di depan umum adalah tantangan tersendiri bagi banyak orang. Meskipun Anda bukan tipe orang yang pemalu, public speaking bisa membuat Anda merasa gemetaran dan gugup. Wajar sekali. Ketika Anda berbicara di depan umum, semua perhatian terarah pada Anda dan mungkin takut salah bicara atau melakukan suatu tindakan yang memalukan. Nah, apa pun alasan Anda merasa gugup, public speaking adalah salah satu kemampuan yang wajib kamu kuasai. Lalu bagaimana caranya menyampaikan presentasi dengan baik tanpa harus keringatan atau bahkan lupa apa yang harus disampaikan?

1.    Sampai di lokasi lebih cepat

Tiba di lokasi lebih awal 15-20 menit sebelum melakukan presentasi.Anda bisa lebih beradaptasi dengan lingkungan atau ruangan dimana Anda akan berbicara, Anda pun juga dapat mempersiapkan diri sebelumnya.

 2.    Bukalah dengan bercerita

Sebelum memulai inti dari bahan presentasi,mulailah dengan bercerita untuk menarik perhatian audiens dan membuat audiens pun merasa rileks dan membangun koneksi bersama sehingga jalannya presentasi tidak kaku.

 3.    Buktikan melalui hasil riset/penelitian

Untuk meyakinkan apa yang Anda utarakan di saat Anda presentasi, perkuatlah dengan memberikan contoh kasus atau hasil penelitian yang melalui data. Adapun Anda juga dapat memberikan contoh melalui pengalaman pribadi yang terjadi.

 4.    Fokus dan kuasai diri

Kendalikan diri Anda saat menyampaikan presentasi dengan baik. Sadari pergerakan tubuh dan tangan, serta intonasi Anda saat berbicara. Usahakan tidak terlalu cepat atau terburu-buru. Mintalah salah satu rekan Anda untuk menjadi penilai ketika Anda sedang berlatih presentasi sehingga dapat memberi masukan atau mengingatkan jika Anda sudah mulai lepas kendali.

 5.    Perbaiki cara berpresentasi

Jika sudah berlatih, terus lakukan perbaikan terhadap cara Anda berpresentasi. Baik itu dengan cara Anda mengatur intonasi suara atau napas, bagaimana Anda melakukan kontak mata dengan audiens dan sebagainya. Tujuan dari melakukan latihan sebelum presentasi adalah agar Anda menjadi semakin menguasai teknik dalam berbicara di depan banyak orang sehingga Anda sendiri merasa nyaman dengan diri Anda ketika sedang melakukan presentasi tersebut.