20Mar

Ucapan Syukur 20 Tahun Stella Maris - Bali, Pesonamu Lekat Di Hati

(Oleh: Sapta Kurniati - Primary, Stella Maris International Gading Serpong)

Setiap mendengar nama Bali ingatan kita dibawa kepada situasi romantis yang sering diimpikan banyak orang. Dikenal juga sebagai Pulau Dewata, membuat suasana di Bali tak lepas dari ritual keagamaan yang sangat kental. Meskipun saya pernah mengunjungi Bali 3 tahun yang lalu, namun saya tidak ingin melewatkan kesempatan yang diberikan Stella Maris yang mengajak karyawannya berlibur dalam acara "Perjalanan Ziarah dan Wisata Bali" yang diselenggarakan tanggal 18 - 20 Juni 2015. Acara ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang diadakan berkaitan dengan Ulang Tahun Stella Maris yang ke 20.

Kedatangan di Bali dibuka dengan menatap indahnya Pantai Pandawa yang sungguh menakjubkan. Warna air laut dengan gradasinya membuat hati ini berteriak "Sungguh luar biasa alam ciptaan-Mu ya, Tuhan!" Pahatan seni tingkat tinggi terlihat dalam indahnya obyek wisata Garuda Wishnu Kencana. Perjalanan hari pertama ditutup dengan pesona keindahan makan malam di Jimbaran sembari menikmati matahari terbenam semakin menambah kekaguman saya akan alam ciptaan Tuhan. Sukacita nampak jelas dirasakan oleh kami semua saat bernyanyi bersama. Tak ada yang lebih indah dari kebersamaan saat itu, “Nothing is Sweeter Than Togetherness’.

  

Ziarah ke Gua Maria Palasari di hari kedua menghadirkan getaran rohani di hati, meskipun membutuhkan waktu tempuh perjalanan yang cukup lama, namun jauhnya jarak tempuh terobati dengan siraman Firman Tuhan yang sangat memberkati. Luapan kekaguman terlihat dari kami saat melihat begitu artistiknya bangunan indah Gereja Katolik Bunda Hati Kudus Yesus dan Gua Maria di Palasari, Kabupaten Jembrana.

Menyaksikan pementasan Tari Kecak yang terkenal itu terasa sangat berbeda, karena saya melihatnya secara langsung, bukan sekedar dari layar televisi. Ketrampilan para penari sungguh terlihat, terlebih saat memperlihatkan ketahanan tubuh pelakon terhadap api. Wow, luar biasa!!!

Menyenangkan dan sangat berkesan, itu yang saya rasakan dari pengalaman ikut wisata ke Bali bersama Stella Maris. Setiap peserta terlihat akrab dalam kegembiraan. Saya pribadi pun merasakannya. Terlebih dalam perjalanan wisata dan ziarah ini disediakan pemandu yang sangat menguasai seluk beluk budaya Bali, sehingga informasi ataupun sejarah tiap tempat yang kami kunjungi menjadikan tambahan ilmu pengetahuan buat saya.  Hal yang sangat berkesan saat pemandu menjelaskan bahasa Bali dan perbedaannya dengan bahasa daerah lainnya. "Jika ke Bali harus siap-siap keluarkan banyak 'pipis' di berbagai tempat," kata Mbok Is Si pemandu. Sejenak tercengang dengan kata 'pipis' yang dilontarkan tersebut, karena di Jawa Tengah arti kata 'pipis’ berarti ‘buang air kecil'. Ternyata di Bali arti kata 'pipis’ memiliki arti ‘uang'. Maksud dari sang pemandu adalah jika kita ke Bali harus siap-siap keluarkan banyak uang untuk berbelanja di berbagai tempat. Memang terbukti, ketika berkunjung ke pusat oleh-oleh atau souvenir, tanpa terasa isi dompet menipis, 'pipis' terkuras habis, hehehe…

Semangat berbelanja kami sangat luar biasa, di Karang Kurnia, Krisna maupun Joger, rasanya tidak ada yang tidak berbelanja. Aneka souvenir, baju, bahkan makanan khas menjadi pilihan untuk menguras ‘pipis’ dari dompet masing-masing. Membeli oleh-oleh maupun souvenir merupakan wujud syukur dan sukacita telah mengikuti wisata ke Bali ini, sehingga saya pun ingin berbagi sukacita itu dengan orang-orang yang saya cintai.  

Hari terakhir saat kami berkunjung ke Bali Bird Park nampak suasana seru dan meriah menyaksikan tingkah satwa-satwa yang sudah terlatih. Sungguh mengejutkan burung-burung di sana terlatih untuk menampilkan pertunjukan yang manis dan dapat melaksanakan perintah instruktur dengan baik. Amazing!!

Bali memang identik dengan keindahan pantai-pantainya. Awal kedatangan kami disambut indahnya pesona Pantai Pandawa, akhir kunjungan kami ditutup dengan indahnya sunset di Tanah Lot. Moment-moment terakhir yang indah di Tanah Lot meninggalkan kesan yang mendalam.  Dan sekali lagi, keindahan alam ciptaan Tuhan yang saya abadikan membuat hati ini berbisik, “Tuhan alangkah sempurnanya alam semesta ciptaan-Mu.” Pesona Bali sungguh membekas di hati.

Terima kasih Stella Maris, yang sudah memberikan kesempatan berlibur sekaligus berziarah ke Bali. Selamat Ulang Tahun yang ke 20, semoga Stella Maris semakin menjadi berkat dan memberkati banyak orang.