23Sep

Seminar Penanggulangan Narkoba oleh BNN

Stella Maris School, sebagai salah satu instansi pendidikan terbaik di Serpong mengutamakan perkembangan pendidikan tidak hanya bagi para murid-nya saja namun juga menanamkan pengembangan pengetahuan dan pendidikan bagi para karyawan dan tenaga pengajar. Oleh karena itu, Stella Maris School bekerja sama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) pada hari Rabu 23 September 2015 mengadakan seminar penyuluhan mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika di kehidupan. Seminar yang berjudul “Penanggulangan Bahaya Narkoba di Kalangan Anak Pra Remaja & Remaja” yang dibawakan oleh Bapak Sudirman, selaku Kepala Unit BNN, diadakan dengan tujuan agar sebagai tenaga pengajar mampu mengetahui ciri-ciri pemakai, pecandu dan bahkan cara penanggulangan yang tepat.

Narkoba merupakan sebuah singkatan yang berarti Narkotika Psikotropika Bahan Adiktif, ini merupakan jenis obat-obatan yang beberapa bahannya dapat digunakan sebagai pengobatan akan penyakit, namun beberapa diantara jenisnya ini adalah bahan-bahan yang tidak diperuntukkan untuk pengobatan dan tidak baik jika dikonsumsi untuk kesehatan. Jenis narkoba untuk pengobatan adalah jenis morfin yang biasa dipakai untuk obat bius, dan codein yang dipakai untuk obat batuk. Sementara jenis narkoba yang tidak diperuntukkan untuk pengobatan adalah seperti heroin, shabu-shabu dan crocodile (jenis narkoba baru dari Rusia, yang merupakan narkoba jenis mematikan karena bahannya yang dapat merusak sistem kerja tubuh dengan cepat).

NARKOBA adalah sebuah singkatan dari Narkotika Psikotropika Bahan Adiktif, merupakan jenis obat-obatan yang beberapa diantaranya dipakai dalam pengobatan medis antara lain morfin yang biasa dipakai sebagai obat bius dan codein yang biasa dipakai sebagai obat batuk. Namun penggunaan secara berlebihan tanpa resep dokter adalah penyalahgunaan obat yang akhirnya dapat menyebabkan kecanduan. Adapun beberapa jenis narkoba yang memang tidak dipakai dalam pengobatan medis seperti heroin, shabu-shabu hingga crocodile (salah satu jenis narkoba terbaru di Rusia yang penggunaannya dapat menyebabkan kerusakan sistem kerja tubuh hingga kematian). Pak Sudirman dalam seminarnya mengatakan bahwa yang harus dilakukan kepada para pemakai hingga pecandu narkoba adalah dengan memberikan mereka rehabilitas untuk menanggulangi tingkat kecanduan mereka. Sayangnya, banyak masyarakat masih memiliki pemahaman yang salah mengenai penanganan bagi pecandu narkoba yang adalah dengan memenjarakan mereka. Dimana menurut Pak Sudirman dengan memenjarakan mereka tidak memberikan solusi atas kecanduan mereka, bahkan tetap memberikan mereka ruang untuk memakai semakin banyak narkoba. Ini yang perlu diketahui oleh para pendidik mengenai ciri-ciri dan bahaya dari penyalahgunaan narkoba itu sendiri terutama di kalangan remaja saat ini, dimana dinilai penyebarannya sudah mulai marak dengan berbagai macam jenis transaksi.

 

Pak Sudirman sendiri pun tidak jarang memberikan beberapa games menarik dengan tujuan melatih fokus para pesertanya agar tetap dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Seminar ini pun ditutup dengan sebuah siraman rohani dari Romo Koko dimana para karyawan dan guru diingatkan kembali untuk tetap teguh dalam iman dan kepercayaan akan Tuhan sehingga sebagai pendidik pun tidak terjerumus dalam dosa serta dapat menjadi teladan bagi para generasi-generasi muda bangsa.

Stella Maris International Education, sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di Serpong menanamkan nilai-nilai yang dapat diaplikasikan baik dalam kehidupan personal maupun profesional, salah satunya adalah untuk dapat mengasihi dan menghormati sesama. Nilai yang ditanamkan ini pun juga kami terapkan dalam slogan kami yaitu Educare in Caritatem yang memiliki arti Mendidik Dengan Kasih, dimana dalam setiap kegiatan yang kami adakan selalu kami upayakan memiliki unsur kasih akan sesama. Dengan nilai-nilai yang ditanamkan pada setiap karyawan/guru akan membantu dalam menciptakan Generasi Platinum bangsa yang smartglobal dan memiliki jiwa entrepreneur.