21Apr

CSR 2015 - Berkontribusi Meningkatkan Pendidikan Bangsa

Dalam rangka menyambut HUT Stella Maris ke-20 dengan mengangkat tema besar “Give Thanks To the Lord for He is Good. His Love Endures Forever”, Stella Maris mengadakan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang diadakan pada tanggal Jumat, 17 April 2015, Misa Syukur, Fun Walk, Gala Dinner dengan acara puncak Perjalanan Ziarah baik perjalanan dalam maupun luar negera bagi karyawan SMIE yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2015.  

Sebagai instansi yang bergerak di bidang pendidikan, Stella Maris terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya di bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat. Pelaksanaan CSR tahun 2015 ini bertempat di Sekolah Kesuma Bangsa Tangerang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan pelatihan dan berbagi pengalaman kepada Kepala Sekolah dan guru, memberikan pengalaman joyful learning kepada para siswa dan juga perbaikan maupun pemberian prasarana dan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan CSR Stella Maris didukung oleh berbagai pihak yaitu Asia One, Penerbit Erlangga, RS Bethsaida, Panorama, Kanisius dan Tiga Serangkai.

Ketika para murid diberikan metode pengajaran joyful learning diluar sekolah oleh Tim Stella Maris, Kepala Sekolah dan para guru Sekolah Kesuma Bangsa pun diberikan pelatihan yang dipimpin oleh Pak Titut Sutiyoso selaku Head of National School di Stella Maris BSD dengan temaHow To Change. Tujuannya adalah mengajak teman-teman pendidik menjadi agen perubahan, dimana untuk menjadi sekolah yang maju harus berani mengubah pola pikir dan terus mengasah kreatifitas dalam segala keterbatasan, dalam hal ini fasilitas misalnya. Beliau juga berbagi tips bagaimana mengelola proses pendidikan mulai dari visi-misi sampai pada evaluasi. Kemudian juga dilakukan sesi pendampingan dalam group.

Di hari yang sama para siswa Sekolah Kesuma Bangsa Tangerang sejumlah 62 orang diajak belajar melalui kegiatan small excursion yang didampingi oleh Tim Stella Maris. Pertama mereka diajak ke Kantor Penerbit Erlangga yang telah menyiapkan berbagai kegiatan seperti Finger Printing dan Art Kolase dari biji-bijian. Selain itu Tim Stella Maris juga memberikan pelatihan motivasi kepada siswa kelas 4 – 6 untuk dapat Berani Bermimpi dan Melangkah Menuju Impian yang dibawakan oleh Bapak Andi Iwan. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan ke Domino’s Pizza untuk belajar membuat pizza dan kunjungan RS Bethsaida untuk belajar menjadi dokter cilik.

Kegiatan pelatihan dan pembelajaran diakhiri dengan makan siang bersama dengan seluruh panitia Stella Maris dan para guru, Kepala Sekolah serta murid Sekolah Kesuma Bangsa Tangerang di Rumah Makan Bebek Kaleyo, BSD. Suasana begitu ceria dan antusias anak-anak menceritakan pengalaman mereka kepada guru-gurunya. Setelah seharian guru, Kepala Sekolah dan siswa diajak beraktivitas diluar sekolah saatnya mereka kembali ke sekolah dan mereka pun disambut oleh penampilan yang berbeda dari sekolah mereka. Disaat mereka beraktivitas, Tim Stella Maris melakukan program “Bedah Sekolah” dengan melakukan perbaikan bangunan dan penambahan sarana serta prasarana sekolah seperti pemberian peralatan olahraga, meja dan kursi siswa, buku dan rak perpustakaan, komputer dan sebagainya dengan harapan dapat memberikan semangat kepada guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di Sekolah Kesuma Bangsa Tangerang, serta mempersiapkan generasi bangsa yang global.

Stella Maris International Education, sekolah yang mengedepankan program Platinum Generations. Program pembentukan dan pengembangan anak yang smart, entrepreneur dan global; mempersiapkan generasi berkualitas yang kreatif dan memiliki jiwa entrepreneurship. Sejak dini anak dipersiapkan dengan pembekalan karakter dan potensi bakat serta kemampuan yang menjadi modal utama dalam meraih cita-cita kelak. Dengan diadakannya program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan pendidikan bangsa dalam setiap aspek tanpa terbatas.