SMP


SMP Stella Maris School BSD mempersiapkan secara matang lulusan yang mampu untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya dengan memberikan program pendidikan yang mendukung tumbuh kembang para peserta didik sehingga menghasilkan lulusan dengan karakter yang cakap, tangguh dan trampil dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial dan budaya tanpa mengurangi nilai dan moral. Keunggulan yang diberikan SMP Stella Maris School BSD, antara lain:

  1. Reading Culture. Buku adalah jendela dunia, melalui buku pengetahuan kita bertambah dan dengan membaca buku akan mencerdaskan masa depan bangsa. Stella Maris menerapkan budaya membaca sebagai salah satu program pembelajaran yang wajib sehingga peserta didik memiliki kebiasaan baik untuk membaca.
  2. Scientific Culture. Sains merupakan sebuah bidang yang tak pernah lepas dari hidup. Penerapan budaya yang peduli terhadap sains sangat penting bagi peserta didik untuk persiapan di jenjang pendidikan selanjutnya.
  3. Students Acceptance. Setiap individu memiliki keunikan yang berbeda baik dari segi fisik maupun karakter. Stella Maris sangat terbuka dan menerima peserta didik dengan apa adanya tanpa menuntut sesuatu apapun karena kami yakin bahwa dengan memberikan dukungan dan mendidik dengan kasih, peserta didik akan tumbuh sempurna.
  4. Helpful (Academic and Non-Academic). Stella Maris peduli dengan setiap kendala yang dialami peserta didik baik secara akademi dan non akademi melalui berbagai kegiatan sekolah demi menunjang perkembangan anak.
  5. Consultation Forum. Pendidikan tidak hanya antara guru dan siswa atau siswa dan orang tua, tapi untuk menjadikan pendidikan berjalan seutuhnya maka dibutuhkan ketiganya. Oleh sebab itu SMP Stella Maris menyediakan waktu khusus konsultasi bagi orang tua murid dengan wali kelas masing-masing untuk memantau tumbuh kembang pendidikan putra/i-nya di sekolah.
  6. Thematic Learning. Agar proses belajar tidak selalu monoton, maka setiap tahun ajaran memiliki tema yang berbeda-beda agar siswa selalu mendapatkan hal-hal baru yang dapat dipelajari.

 

 

Kurikulum

Mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Stella Maris menyajikan metode pembelajaran student center, dengan berbagai pengembangan diantaranya adalah menerapkan, applied science, entrepreneurship, Bahasa Inggris, dan program bilingual untuk mata pelajaran matematika dan fisika. Tujuan pendidikan di tingkat SMP difokuskan untuk menghasilkan siswa yang mempunyai karakter, kecakapan dan ketrampilan untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya serta mengembangkan kemampuan lebih lanjut untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya dengan berlandaskan dua belas learner profile Stella Maris School.

 

Tingkat SMP Stella Maris melakukan beberapa pengembangan pendidikan diantaranya:

Entrepreneurship

Mata pelajaran entrepreneurship mulai diberikan di kelas 7 yang kurikulumnya berkesinambungan sampai kelas 11. Mata pelajaran entrepreneurship ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan memberikan dasar-dasar ilmu bagi peserta didik dalam bidang entrepreneurship sebagai bekal di masa depan.

 

Program Bilingual

Penerapan dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dalam proses pembelajaran fisika dan matematika merupakan salah satu pengembangan yang dilakukan di SMP Stella Maris. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris peserta didik terutama dalam bidang sains sebagai bekal untuk tingkat pendidikan selanjutnya.

 

Applied Science

Program ini dilaksanakan dengan cara integrasi dalam pelajaran sains, sehingga pelajaran sains akan lebih bersifat aplikatif daripada teoritis. Dengan demikian siswa akan lebih merasakan manfaat dari ilmu sains dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bahasa Inggris

Pelajaran bahasa Inggris di SMP Stella Maris menggunakan kurikulum dari Pemerintah dengan beberapa pengembangan materi seperti postcard, invitation, greeting card, short message, announcement, warning/caustion, notice, shopping list, E-mail, formal and informal letters, interview, advertisement interview, news reading, label, presenter yang disajikan dalam bentuk tematik.

 

MUATAN KURIKULUM

Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meliputi mata pelajaran yang keluasaan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidik dasar:

1. Mata pelajaran wajib:

Religiositas, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Biologi), IPA (Fisika), IPA (Kimia), Praktikum, IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi), Seni Budaya (Kesenian), Olahraga dan Komputer (IT).

2. Muatan lokal:

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi siswa. Bahasa Mandarin dan entrepreneurship dipilih sebagai muatan lokal untuk satuan pendidikan dasar. Mata pelajaran muatan lokal tersebut wajib diambil siswa sesuai dengan yang telah diprogramkan oleh sekolah.

3. Pengembangan diri:

Pengembangan diri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat peserta didik. Pengembangan diri di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar adalah Morning Assembly & Perwalian, Bimbingan Konseling, Ekstrakurikuler, dan Olahraga bersama.

 

CCA (Co-Curricular Activity)

  • Komputer
  • Biola
  • Tenis Meja
  • Paduan Suara
  • Modern Dance
  • Seni Lukis
  • Bulu Tangkis
  • Futsal
  • Basket
  • Sains Toys